Selain puasa, ibadah yang dijalani selama bulan Ramadhan, terdapat 9 amalan lain yang bisa menambah berkah yang bisa Anda peroleh. 9 Amalan ini dapat melengkapi Ibadah Anda saat bulan Ramadhan.

              Bagi umat muslim, bulan Ramadhan adalah momen dimana berkah dan pahala dilipatgandakan, hal ini membuat umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan. Maka dari itu selama bulan Ramadhan baiknya kita memaksimalkan amal dan ibadah yang kita punya agar tidak menyesal dikemudian hari.

Selain berpuasa terdapat banyak amalan baik wajib maupun sunah yang bisa dilakukan. Yuk, cari tahu amal ibadah di bulan yang suci ini apa saja yang bisa dilakukan sembari menunaikan ibadah puasa!

Amal Utama Ibadah di Bulan Ramadhan

1. Perbanyak i’tikaf

I’tikaf adalah menghabiskan waktu luang selama menjalankan ibadah puasa dengan berdiam diri di masjid. Menghabiskan waktu luang selama menjalankan ibadah puasa dengan berdiam diri di Masjid dengan niat semata hanya akan beribadah kepada Allah SWT sambil memperbanyak doa dan berdzikir tak hanya membantu memperteguh keimanan tapi juga menjauhkanmu dari perbuatan-perbuatan yang tak baik.

2. Tarawih

Salah satu Ibadah yang hanya akan ditemukan pada saat Bulan Ramadhan adalan shalat tarawih,

Shalat tarawih biasanya dilakukan dengan berjamaah, namun selama Pandemi banyak masjid yang tidak memperbolehkan banyak orang masuk. Sehingga banyak dilakukan dumah saja. Namun, hal ini tidak dapat menjadi suatu alasan jika sampai tidak ikut shalat tarawih, Bulan Ramadhan akan terasa seperti bulan pada umumnya jika Anda tidak menunaikan amalan ini.

 

3. Hidupkan Malam Lailatul Qadar

Lailatul atau Lailat Al-Qadar adalah salah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadhan, dalam Al-Qur’an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Biasanya terjadi pada 10 hari menuju Idul Fitri. Pada malam ini, pahala yang di dapat akan lebih besar dibandingkan malam-malam lainnya di Bulan Ramadhan.

Maka dari itu, perbanyaklah ibadah dan amal selama bulan Puasa di malam-malam terakhir bulan Ramadhan ini.

4. Membaca Al-Qur’an

Dalam sebuah hadis riwayat Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginnya mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipat-gandakan menjadi sepuluh kalinya, “Pahala membaca Al-Qur’an pun semakin bertambah apabila mampu membaca sebanyak 100 ayat. Sabda Rasulullah dalam hadis riwayat Ahmad mengatakan, “Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam, dituliskan baginya pahala sholat sepanjang malam.” Hadis tersebut menunjukkan betapa besarnya keutamaan membaca Al-Qur’an, apalagi bila dikerjakan di bulan Ramadhan yang merupakan bulan diturunkannya Al-Qur’an.

5. Perbanyak Sedekah

Baik bulan Ramadhan ataupun tidak sedekah adalah salah satu kewajiban kita. Namun, mengingat berkah bulan Ramadhan berlipat ganda, ada baiknya Anda tak melewatkan momentum Ramadhan untuk bersedekah dan menunaikan zakat.

Tapi ingat, bersedekah harus didasari dengan niat yang ikhlas dan tulus, ya.

6. Menahan amarah atau emosi

Puasa bukan hanya menahan rasa lapar dan haus, namun menahan segala amarah dan emosi, kita dilatih untuk dapat lebih bersabar, Kemampuan Kita dalam menaham emosi akan diganjar oleh Allah SWT dengan pahala yang berlipat ganda.

7. Perbanyak Istigfar

Meneruskan amalan istigfar, pintu pengampunan selama bulan Ramadhan selalu terbuka lebar. Itulah sebabnya banyak orang yang bertubat dan kembali ke fitrah di Bulan Ramadhan ini.

8. Taubat

Amalan ibadah puasa selanjutnya adalah dengan memohon pengampunan kepada Allah SWT dengan tulus. Pada bulan Ramadhan, Allah SWT memberikan pengampunan bagi dosa-dosa hambanya.

Sehingga Bulan Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk mengakui dosa dan memohon ampun.

9. Dakwah

Berdakwah ataupun mendengarkan dakwah di Bulan Ramadhan memiliki pahala yang besar karena siapapun yang menunjukkan kebaikan, baginya pahala sebagaimana yang mengamalkannya. Berdakwah disini tidak harus melulu berbicara di depan orang banyak, namun Anda bisa berdakwah di lingkungan keluarga Anda terlebih dahulu.

Nah, itulah kesembilan amalan di Bulan Ramadhan, meskipun tidak bisa mudik dan Ramadhan kali ini masih menerepkan protocol Social distancing, tidak mengurangi niat kita untuk mengamalkan amalan tersebut dan ingat setiap menunaikan ibadah harus dengan niat yang baik, ikhlas dan Tulus

Selamat menunaikan ibadah Puasa!