Metode ini dinamakan Kakeibo, yang di cetus pada tahun 1904 oleh Hani Makoto*, sebelumnya ia bertujuan untuk membantu wanita yang sibuk mengatur keuanganya.Namun ternyata metode ini bukan hanya diterapkan oleh Ibu rumah tangga saja bahkan lintas gender dan lintas generasi. Bertahan hingga lebih dari 1 abad, hal ini membuktikan bahwa metode ini bisa bertahan karena cocok dan mudah untuk di aplikasikan, tentukan dengan konsistensi pada saat menerapkan nya, Metode apapun akan dirasa percuma jika Anda tidak konsisten.


 Sebelum mengenal lebih dalam mengenai Kakeibo, berikut 4 kunci pertanyaan yang harus Anda jawab:


1.       Berapa banyak uang yang saya miliki?


2.       Berapa jumlah uang yang ingin saya hemat/ simpan?


3.       Seberapa banyak uang yang ingin saya belanjakan?


4.       Bagaimana cara meningkatkan uang yang bisa saya tabung


Dengan mencermati apa yang Anda lakukan dengan uang Anda dan bertanya kepada diri sendiri secara mendalam, pertanyaan reflektif, Anda dapat mengubah kebiasaan keuangan dan mencapai tujuan Anda,


Kakeibo adalah cara melacak keuangan Anda secara manual untuk membantu Anda tetap pada anggaran dan mencapai tujuan tabungan Anda.


Duduk dan melihat lebih dekat keuangan Anda di awal setiap bulan, lalu meluangkan waktu untuk menuliskan semua yang masuk dan keluar, mungkin tampak seperti hambatan, tetapi itu suatu keharusan jika Anda ingin menjinakkan monster uang sekali dan untuk semua.


Manfaat lain dari melacak pengeluaran, pendapatan, dan tujuan tabungan Anda secara manual adalah hal itu mendorong perhatian. Anda harus mencermati uang Anda dan meminta pertanggungjawaban diri Anda atas apa yang Anda belanjakan. Jika Anda tahu Anda ingin menabung Rp. 1000.000 untuk satu bulan, misalnya, Anda cenderung berpikir dengan hati-hati sebelum membelanjakan sebagian dari pendapatan Anda yang terbatas untuk sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan atau barang yang Anda inginkan.


* The Journal of Japanese Studies,"Fujin No Tomo”, Hani Makoto, pada tahun 1908.