Jenis-jenis Asuransi di Indonesia

Saat ini sudah banyak masyarakat Indonesia yang mengenal dan sadar akan pentingnya memiliki Asuransi. Asuransi itu ibarat payung yang di bawa sebelum keluar rumah agar melindungi kita dari hujan maupun panas matahari. Pengertian asuransi itu sendiri adalah suatu kontrak yang diwakili oleh suatu polis dimana seseorang menerima perlindungan finansial atau penggantian kerugian terhadap kerugian dari perusahaan asuransi. Perusahaan suransi yang menggabungkan risiko klien untuk membuat pembayaran lebih terjangkau bagi tertanggung.  Polis asuransi digunakan untuk melakukan perlindungan nilai terhadap risiko kerugian finansial, baik besar maupun kecil, yang dapat disebabkan oleh kerusakan pada tertanggung, propertinya,  tanggung jawab atas kerusakan, dan/atau cedera yang disebabkan oleh pihak ketiga. 

Sederhananya asuransi adalah kesepakatan yang berlaku di antara dua pihak. Satu pihak akan berkewajiban untuk membayarkan sejumlah uang atau premi, sedangkan pihak lain akan menanggung resikonya. Secara umum, semakin besar premi yang dibayarkan, akan semakin banyak perlindungan yang akan diterima oleh tertanggung.  Seperti yang sudah diketahui,  ada banyak jenis asuransi di Indonesia. Hal ini dikarenakan tidak semua asuransi bermanfaat bagi semua orang. Asuransi hanya bermanfaat bagi yang benar-benar dalam kondisi yang memiliki kemungkinan risiko yang besar.

Setiap asuransi memiliki tujuan dan kebutuhan yang berbeda. Sebaiknya sebelum kita menggunakan asuransi, kenali dulu kebutuhan dan tujuan Asuransi tersebut agar tidak salah pilih. Kali ini kita akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis asuransi di Indonesia beserta penjelasannya di bawah ini.

1. Asuransi jiwa

Jika kamu memiliki orang-orang yang bergantung secara finansial kepada kamu, asuransi jiwa ini penting untuk dimiliki. Jika kamu meninggal secara tidak terduga, sakit atau lumpuh yang menyebabkan kamu tidak mampu lagi untuk menutupi pengeluaran rumah tangga biasa, seperti membayar listrik, membayar kebutuhan sehari-hari. Maka bisa dipastikan keluarga maupun orang-orang yang bergantung secara finansial sama kamu akan menderita kesulitan keuangan. Sebagai akibatnya,asuransi jiwa dirancang untuk menutupi biaya-biaya ini untuk meringankan beban keuangan yang dialami keluarga kamu.

 

Pada umumnya, perusahaan asuransi merekomendasikan agar kamu mengambil pertanggungan sekitar 10 kali lipat pendapatan tahunan kamu. Ketika menghitung dengan tepat berapa banyak pertanggungan yang kamu butuhkan, kamu perlu memperhitungkan pembayaran sewa dan biaya hidup lainnya seperti pembayaran pinjaman dan kartu kredit. Ada dua jenis utama polis asuransi jiwa yang bisa kamu pilih yaitu polis seumur hidup dan polis berjangka.

2. Asuransi kesehatan

Asuransi Kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi yang populer di Indonesia. Hal yang akan dilindungi oleh asuransi kesehatan adalah semua risiko yang berhubungan dengan kesehatan. Pada umumnya perusahaan-perusahaan dengan skala menengah sampai perusahaan yang besar selalu memberi asuransi kesehatan kepada setiap karyawannya. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang mewajibkan setiap gaji karyawan nya di potong untuk menanggung premi asuransi kesehatan ini.Selain diperoleh dari perusahaan tempat bekerja, asuransi kesehatan ini juga bisa dimiliki secara perorangan baik untuk diri sendiri atau keluarga.

3. Asuransi kendaraan

Bagi kamu yang memiliki kendaraan pasti sudah tidak asing dengan asuransi jenis ini. Kendaraan yang banyak diasuransikan  biasanya adalah mobil. Asuransi kendaraan ini sendiri memiliki fungsi perlindungan risiko atas suatu kejadian yang terjadi pada kendaraan yang telah diasuransikan. Untuk asuransi kendaraan mobil ada dua jenis yaitu asuransi total loss only (TLO) dan all  risk. Asuransi TLO hanya akan melindungi dari risiko kehilangan ataupun kerusakan total dari kendaraan itu. Jika mobil kamu hanya mengalami lecet atau kerusakan kecil maka kita tidak akan bisa ditanggung oleh asuransi TLO. Sedangkan untuk asuransi jenis all risk  akan menanggung semua kerugian yang mungkin terjadi termasuk lecet  pada mobil kamu. Pada umumnya, asuransi jenis TLO lebih banyak dipakai untuk mobil lama sedangkan suransi jenis all risk biasanya digunakan untuk mobil baru terlebih bila pembelian itu dilakukan secara kredit.

Nah itu dia jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia yang mungkin perlu kamu tahu Biasanya perusahaan asuransi akan menawarkan lebih dari satu jenis jenis asuransi itu tetapi banyak juga yang hanya fokus pada jenis jenis asuransi tertentu saja. Pastikan kamu membeli asuransi pada sebuah perusahaan asuransi yang yang terdaftar di OJK.